Sekilas Tentang Kota Seribu Sungai

Bismillahirrahmanirrahim

Dikarenakan saya adalah mahasiswi UMM yang berasal dari Kota Banjarmasin, maka postingan kali ini akan membahas mengenai Kota Seribu Sungai tersebut. Kota Seribu Sungai adalah sebutan yang disematkan pada Kota Banjarmasin karena Banjarmasin memiliki banyak sungai. Sungai di Banjarmasin sangat bermanfaat bagi masyarakatnya yang bermukim disekitar sungai maupun tidak. Sungai di sana memiliki peran penting yaitu sebagai jalur transportasi masyarakatnya. Selain jalur transportasi, sungai di Banjarmasin juga dimanfaatkan sebagai jalannya perekonomian masyarakat Banjar. Di Banjarmasin terdapat pasar yang beroperasi di atas sungai yang biasa disebut Pasar Terapung. Di Pasar Terapung, transaksi jual beli dilakukan di atas perahu yang disebut Klotok. Kebanyakan dari barang yang diperjualbelikan adalah buah-buahan, kue khas banjar, sayuran, dll.

Transaksi dilakukan diatas perahu

Kota Banjarmasin juga mempunyai makanan khas yaitu Soto Banjar. Makanan satu ini sangat banyak digemari masyarakat Banjar maupun dari luar Banjar. Bahan utama Soto Banjar adalah ayam, rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto Banjar berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Biasanya sate ayam disajikan sebagai menu pendamping.

73891326.vtFahpVL

Di Kota Banjarmasin tepatnya di Martapura, juga terdapat pasar yang menjual berbagai macam jenis batu-batuan perhiasan, seperti batu akik, intan, dll. pasar ini adalah salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Banjarmasin. Para wisatawan terutama kaum hawa baik masyarakat banjar maupun luar banjar sangat tertarik untuk berkunjung ke Pasar Intan Martapura ini untuk membeli berbagai macam perhiasan. Pasar ini sangat padat pengunjung terutama pada akhir pekan dan hari libur. Harga batu yang sudah diolah menjadi perhiasan ini berkisar dari ribuan hingga ratusan bahkan jutaan rupiah tergantung dari keunikan dan kelangkaan batuan tersebut.

 

Martapura Resize 2

Demikian sekilas tentang Kota Banjarmasin. Semoga dapat menambah wawasan pembaca. Amin.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *